Jumat, 03 Juni 2011

FAKTA DAN SEJARAH JEPANG

Beberapa negara di bumi memiliki sejarah lebih berwarna dari Jepang.
Diselesaikan oleh migran dari daratan Asia kembali dalam kabut prasejarah, Jepang telah melihat naik dan turunnya kaisar, pemerintahan oleh prajurit samurai , isolasi dari dunia luar, perluasan lebih dari sebagian besar Asia, kekalahan dan rebound. Salah satu yang paling perang-seperti bangsa-bangsa di awal abad kedua puluh, hari ini Jepang sering berfungsi sebagai suara pasifisme dan pengendalian di panggung internasional.

Modal dan Mayor Kota:

Modal:
Tokyo, populasi 12.790.000 (2007)

Mayor Kota:
Yokohama, populasi 3.632.000
Osaka, populasi 2.636.000
Nagoya, populasi 2.236.000
Sapporo, populasi 1.891.000
Kobe, populasi 1.529.000
Kyoto, populasi 1.465.000
Fukuoka, populasi 1.423.000

Pemerintah:

Jepang memiliki monarki konstitusional, dipimpin oleh Kaisar. Kaisar saat ini Akihito , ia wields politik kekuasaan kecil yang sangat, terutama melayani sebagai pemimpin simbolis dan diplomatik negara itu.
Pemimpin politik Jepang adalah Perdana Menteri, yang mengepalai Kabinet. legislatif bikameral Jepang yang terdiri dari 480 kursi House of Representatives, dan Rumah 242-kursi dewan.
Jepang memiliki sistem pengadilan empat-tier, dipimpin oleh Mahkamah Agung 15-anggota.Negara ini memiliki sistem hukum Eropa-gaya sipil.
Yasuo Fukuda adalah Perdana Menteri Jepang.

Penduduk:

Jepang adalah rumah bagi sekitar 127.500.000 orang. Saat ini, negara menderita tingkat kelahiran sangat rendah, menjadikannya salah satu masyarakat yang paling cepat penuaan di dunia.
Kelompok etnis Yamato Jepang terdiri dari 98,5% dari populasi. 1,5% lainnya termasuk Korea (0,5%), Cina (0,4%), dan pribumi Ainu (50.000 orang). Orang-orang Ryukyuan Okinawa dan pulau-pulau tetangga mungkin atau mungkin tidak etnis Yamato.
Sebuah 360.000 Diperkirakan Brazil dan Peru asal Jepang juga telah kembali ke Jepang, yang paling terkenal mantan Presiden Peru Alberto Fujimori.

Bahasa:

Sebagian besar warga Jepang's (99%) berbicara bahasa Jepang sebagai bahasa utama mereka.
Jepang dalam keluarga bahasa Japonik, dan tampaknya tidak terkait dengan Cina dan Korea. Namun, Jepang telah meminjam berat dari Cina, Inggris, dan bahasa lainnya.Bahkan, 49% kata-kata Jepang kata-kata pinjaman dari Cina, dan 9% berasal dari bahasa Inggris.
Tiga menulis sistem hidup berdampingan di Jepang: hiragana, digunakan untuk kata-kata Jepang asli, infleksi kata kerja, dll; katakana, digunakan untuk kata-kata pinjaman non-Jepang, penekanan, dan Onomatope, dan kanji, yang digunakan untuk menyatakan sejumlah besar pinjaman Cina kata dalam bahasa Jepang.

Agama:

95% warga Jepang menganut sinkretik campuran Shinto dan Buddhisme. Ada minoritas di bawah 1% dari Kristen, Muslim, Hindu, dan Sikh.
Shinto adalah agama asli Jepang, yang berkembang pada zaman prasejarah. Ini adalah iman politeistik, menekankan keilahian alam. Shinto tidak memiliki kitab suci atau pendiri.
Kebanyakan umat Buddha Jepang milik Mahayana sekolah, yang datang ke Jepang dari Baekje Korea pada abad keenam.
Di Jepang, Shinto dan Budha praktek digabungkan menjadi sebuah agama tunggal, dengan candi Buddha yang dibangun di lokasi kuil Shinto penting.

Geografi:

Kepulauan Jepang mencakup lebih dari 3.000 pulau, dengan luas total 377.835 kilometer persegi. Empat pulau utama, dari utara ke selatan, adalah Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu.
Jepang sebagian besar pegunungan dan hutan, dengan hanya 11,6% dari luas tanah subur nya.
Titik tertinggi adalah Mt. Fuji di 3.776 meter (12.385 kaki). Terendah Hachiro-gata, pada 4 meter di bawah sealevel (-12 kaki).
Diposisikan mengangkang Cincin Api Pasifik , Jepang memiliki sejumlah fitur hidrotermal seperti geyser dan hotsprings. Hal ini juga sering mengalami gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.

Iklim:

Peregangan 3500 km (2.174 mil) dari utara ke selatan, Jepang mencakup sejumlah zona iklim yang berbeda. Memiliki iklim secara keseluruhan, dengan empat musim.
hujan salju berat adalah aturan di musim dingin di pulau utara Hokkaido, pada tahun 1970, kota Kutchan diterima 312 cm (lebih dari 10 kaki) dari salju dalam satu hari! The total hujan salju musim dingin yang lebih dari 20 meter (66 kaki).
Selatan Pulau Okinawa, sebaliknya, memiliki iklim semi-tropis dengan rata-rata tahunan beriklim 20 Celcius (72 derajat Fahrenheit). Pulau ini menerima sekitar 200 cm (80 inci) curah hujan per tahun.

Ekonomi:

Jepang merupakan salah satu masyarakat yang paling berteknologi maju di bumi; sebagai hasilnya, ia memiliki ekonomi kedua terbesar di dunia dengan PDB (setelah AS). Jepang ekspor mobil, konsumen dan kantor elektronik, baja, dan peralatan transportasi. Ini impor pangan, minyak, kayu, dan bijih logam.
Pertumbuhan ekonomi terhenti pada 1990-an, tapi karena telah kembali pulih ke% 2 tenang terhormat per tahun.
Sektor jasa mempekerjakan 67,7% dari angkatan kerja, industri 27,8%, dan pertanian 4,6%. Tingkat pengangguran 4,1%.
PDB per kapita di Jepang adalah $ 38.500, 13,5% penduduk hidup di bawah garis kemiskinan.

Sejarah:

Jepang kemungkinan telah dilunasi sekitar 35.000 tahun yang lalu oleh orang-orang Paleolitik dari daratan Asia. Pada akhir zaman es terakhir, sekitar 10.000 tahun yang lalu, budaya yang disebut Jomon dikembangkan. Jomon pemburu-pengumpul bulu pakaian kuno, rumah kayu, dan kapal tanah liat yang rumit. Menurut analisis DNA, orang-orang Ainu mungkin keturunan dari Jomon.
Gelombang kedua permukiman di sekitar 400 SM oleh orang-orang Yayoi diperkenalkan logam-bekerja, budidaya padi, dan weaving ke Jepang. bukti DNA menunjukkan bahwa pemukim datang dari Korea.
Era pertama sejarah yang tercatat di Jepang adalah Kofun (250-538 M), ditandai oleh gundukan pemakaman besar atau tumuli. Para Kofun yang dipimpin oleh seorang panglima perang kelas bangsawan, mereka mengadopsi banyak kebiasaan Cina dan inovasi.
Buddhisme datang ke Jepang selama Periode Asuka, 538-710, seperti yang dilakukan sistem tulisan Cina. Masyarakat dibagi menjadi marga, memerintah dari Provinsi Yamato.
Pemerintah pusat pertama yang kuat dikembangkan di Nara (710-794), kelas aristokrat berlatih Buddhisme dan kaligrafi Cina, sedangkan penduduk desa pertanian diikuti Shinto.
keunikan budaya Jepang berkembang pesat di era Heian, 794-1185. Istana ternyata abadi seni, puisi dan prosa. Para prajurit samurai kelas berkembang saat ini, juga.
Samurai raja, yang disebut "shogun," mengambil alih kekuasaan pemerintahan pada 1185, dan memerintah Jepang atas nama kaisar sampai 1868. Keshogunan Kamakura (1185-1333) menguasai sebagian besar Jepang dari Kyoto. Dibantu oleh dua topan ajaib, sang Kamakura serangan ditolak oleh armada Mongol pada tahun 1274 dan 1281.
Seorang kaisar sangat kuat, Go-Daigo, mencoba untuk menggulingkan pemerintahan shogun di 1331, sehingga dalam perang saudara antara bersaing pengadilan utara dan selatan yang akhirnya berakhir pada 1392. Selama ini, kelas di atas segala tuan regional yang kuat disebut "daimyo" meningkat dalam kekuasaan; kendali mereka berlangsung sampai akhir zaman Edo, juga dikenal sebagai Keshogunan Tokugawa, pada tahun 1868.
Pada tahun itu, sebuah monarki konstitusional yang baru didirikan, dipimpin oleh Kaisar Meiji. Kekuatan para shogun rusak.
Setelah kematian Kaisar Meiji, anaknya menjadi Kaisar Taisho (r. 1912-1926). penyakit kronis Nya memungkinkan Diet Jepang untuk negara demokrasi lebih lanjut. Jepang diformalkan kekuasaannya atas Korea dan disita Cina utara selama Perang Dunia I.
Kaisar Showa, Hirohito, (r. 1926-1989) mengawasi ekspansi yang agresif Jepang selama Perang Dunia II, menyerah, dan kelahiran kembali sebagai suatu bangsa, modern industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar